UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 TANJUNG KEMUNING KABUPATEN KAUR

Main Authors: Histi, Harsi , Winarni, Endang Widi, Kustiati, Sri Ken
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/8981/1/I%2CII%2CIII%2CI-14-har-FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8981/2/IV%2CV%2CLAMP%2CI-14-har-FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8981/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan menerapkan model CTL. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di kelas IV SDN 01 Tanjung Kemuning. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan lembar tes. Analisis data lembar observasi menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai. Data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Dari analisis data menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 31,5 dengan kategori cukup, pada siklus II meningkat sebesar 40 dengan kategori baik. Pada siklus I diperoleh nilai rata- rata skor observasi siswa sebesar 29 dengan kategori cukup, pada siklus II meningkat menjadi 39 dengan kategori baik. Hasil analisis pada siklus I dengan nilai rata-rata 69,17 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 62,5%. Pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 77,96 dan ketuntasan belajar kalsikal sebesar 87,5%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model CTL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 01 Tanjung Kemuning.