UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWAPADA PEMBELAJARAN IPA POKOK BAHASAN GAYA MAGNET DENGAN MENGGUNAKAN MODELPROBLEM BASED LEARNING DI KELAS V SD NEGERI 25BENGKULU SELATAN
Main Authors: | Derawati, Farles, Idrus, Irdam , Hasnawati, Hasnawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/8979/1/I%2CII%2CIII%2CI-14-far-FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8979/2/IV%2CV%2CLAMP%2CI-14-far-FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8979/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk :(1) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 25 Bengkulu Selatan melalui penerapan Model Problem Based Learning(2)untukmeningkatkan, keaktifan guru dan siswa dalam mengikuti mata pelajaran IPA. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus,dimana setiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan,observasi dan refleksi.Hasil yang diperoleh dari penelitian ini pada siklus I pengamatan terhadap aktivitas guru skor = 21 dengan kategori cukup ,meningkat pada siklus II skor menjadi 27 dengan kategori baik. Pengamatan terhadap aktivitas siswa skor = 19 dengan kategori cukup, meningkat pada siklus II skor menjadi 27 dengan kategori baik. Hasil belajarsiswa pada siklus I nilai rata-rata 76,9, didapat persentase ketuntasan belajar 53,8 %, meningkat pada siklus II nilai rata-rata 87,6 dengan presentase ketuntasan belajar 92,3%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dengan penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktivan siswa dan guru serta hasil belajar siswa pada proses pembelajaran siswa di kelas V SD Negeri 25 Bengkulu Selatan