UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PETA KONSEP PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 35 BENGKULU SELATAN
Main Authors: | Faridah, Faridah, Hambali, Daimun, Dadi, Sri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/8978/1/I%2CII%2CIII%2CI-14-far-FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8978/2/IV%2CV%2CLAMP%2CI-14-far-FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8978/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas VI SDN 35 Bengkulu Selatan. Melalui penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa setelah menggunakan pembelajaran dengan metode peta konsep. Subjek penelitian ini dilakukan kelas VI 35 Bengkulu Selatan dengan 28 siswa. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, yaitu : (1) meningkatnya aktivitas belajar : (a) aktivitas guru siklus I diperoleh nilai sebesar 43,5 dengan kategori baik, siklus II meningkat menjadi 49 dengan kategori baik, (b) aktivitas siswa siklus I diperoleh 43,5 dengan kategori baik, siklus II meningkat menjadi 48,5 dengan kategori baik, (2) meningkatkan hasil belajar. Ini dapat dilihat dari hasil penelitian pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa 70,25 dengan ketuntasan klasilkal 67,85 % dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa 73,25 dengan ketuntasan klasikal mencapai 85,71%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode peta konsep dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar