HUBUNGAN INTENSITAS GAYA BELAJAR AUDITORI DENGAN PRESTASI BELAJARSISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS V DI SD NEGERI GUGUS 19 KECAMATAN MUARA BANGKAHULU
Main Authors: | Anjani, Rahra, Lukman, Lukman, Dalifa, Dalifa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/8961/1/I%2CII%2CIII%2CI-14-rah-FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8961/2/IV%2CV%2CLAMP%2CI-14-rah-FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8961/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan intensitas gaya belajar auditori dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V di SD Negeri gugus 19 kecamatan Muara Bangkahulu.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasi yang dilaksanakan di SD Negeri Gugus 19 Kecamatan Muara Bangkahulu yaitu di SD Negeri 69, SD Negeri 71, SDNegeri 72, SDNegeri 88, dan SDNegeri 103. Jumlah populasi 180 siswa dan subjek penelitian berjumlah 45 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian inimenggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan denganperhitungan statistik “Korelasi Product Moment”. Hasil penelitian menunjukkanbahwa r hitung = 0,641 yang berada pada arah positif dengan interpretasi nilai rpada interval 0,600-0,800 sehingga tingkat hubungan antara dua variabeldikategorikan memiliki hubungan yang kuat, sedangkan uji signifikan koefisienkorelasi menunjukkan bahwa r tabel pada taraf signifikan 5% sebesar 0,877.Dengan demikian dapat diketahui rhitung lebih besar daripada rtabel dengan tarafsignifikan 5%. Dengan kata lain hipotesis terbukti dan diterima. Dapatdisimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara intensitas gaya belajar auditori dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V di SD Negeri gugus 19 kecamatan Muara Bangkahulu.