STUDI EKSPERIMEN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POWERPOINT SISWA KELAS 5C SD NEGERI 9 BENGKULU SELATAN
Main Authors: | Romanza, Eky, Hambali, Daimun, Lusa , Herman |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/8943/1/IV%2CV%2CLAMP%2CI-14-eky-FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8943/2/I%2CII%2CIII%2CI-14-eky-FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8943/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif antara nilai pretes dengan nilai postes mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media powerpoint. Jenis Penelitian ini adalah eksperimen dengan desain The One Group Pretest-Postest. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5C SD N 9 Bengkulu Selatan. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Dari hasil penelitian terdapat peningkatan antara nilai pretes dengan nilai postes. Untuk nilai pretes diperoleh nilai rata-rata 59,85. Kemudian untuk nilai postes diperoleh nilai rata- rata 81,05. Presentase peningkatan nilai pretes dengan nilai postes sebesar 50%. Berdasarkan perhitungan uji-t yang dilakukan dari kelas subjek penelitian dengan 2 = 0,05, diperoleh nilai thitung = 3,978, sedangkan nilai ttabel = 2,093 yang berarti thitung ≥ ttabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media powerpoint