PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA RAKYAT MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO PADA SISWA KELAS V SDIT IQRA’ 2 KOTA BENGKULU

Main Authors: Ningrum, Ciptawati Kusuma, Resnani, Resnani, Yuliantini, Nani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/8918/1/IV%2CV%2CLAMP%2CI-14-cip-FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8918/2/I%2CII%2CIII%2CI-14-cip-FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8918/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan kemampuan menyimak cerita rakyat dengan menggunakan media audio pada siswa kelas VA SDIT IQRA’2 kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VA SDIT IQRA’2 kota Bengkulu. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar obervasi dan lembar tes menyimak cerita rakyat. Teknik pengumpulan data (observasi dan tes menyimak cerita rakyat). Teknik analisis adalah data observasi (pengamatan aktivitas guru dan siswa), dan data tes kemampuan menyimak cerita rakyat (tes kognitif, lembar penilaian afektif, dan psikomotor). Data observasi dianalisis menggunakan rata- rata skor dan kriteria skor, sedangkan data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai persentase ketuntasan belajar klasikal. Dari analisis data menunjukkan bahwa skor rata-rata observasi aktivitas guru pada siklus I 31,5 meningkat pada siklus II dengan rata-rata 33,5, namun masih pada kriteria “cukup”, sedangkan pada siklus III meningkat kembali dengan rata-rata 40 sudah pada kriteria “baik”. Rata-rata observasi aktivitas siswa pada siklus I 31,5 meningkat pada siklus II 33,5, namun masih dalam kriteria “cukup” , sedangkan pada siklus III meningkat kembali dengan rata-rata 39 sudah pada kriteria “baik”. Hasil tes menyimak cerita rakyat siklus I 71,29 dengan ketuntasan belajar klasikal 44%, meningkat siklus II 75,70 dengan ketuntasan klasikal 66,67%, dan dilakukan perbaikan siklus III 80,70 dengan ketuntasan belajar klasikal 86,95%. Rata-rata lembar penilaian afektif siklus I 11,1 dengan kriteria “cukup”, meningkat siklus II 12,30 dengan kriteria “baik”, dan meningkat pada siklus III 13,4 dengan kriteria “baik”. Rata-rata lembar penilaian psikomotor siklus I 6,6 dengan kriteria “cukup” meningkat siklus II 7,3 dengan kriteria “baik”, dan meningkat pada siklus III 8,04 dengan kriteria “baik”. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media audio dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan kemampuan menyimak cerita rakyat di kelas VA SDIT IQRA’2 Kota Bengkulu.