PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA KARTU POSITIF NEGATIVE DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELASIV SD NEGERI 06 BENGKULU TENGAH

Main Authors: Zuriani, Zuriani, Hambali, Daimun, Resnani, Resnani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/8901/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-zur.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8901/2/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-zur.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8901/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 06 Bengkulu Tengah, bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika dengan menerapkan model kooperatif tipe Think Pair Share dengan menggunakan alat peraga KOTIF. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap Pengamatan, dan tahap refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar Pengamatan guru dan siswa. Data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Dari analisis data menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor Pengamatan guru sebesar 24,25 dengan kriteria cukup, pada siklus II meningkat sebesar 32 dengan kriteria baik. Pada siklus I diperoleh nilai rata- rata skor Pengamatan siswa sebesar 25 dengan kriteria cukup, pada siklus II meningkat sebesar 32,5 dengan kriteria baik. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 65,71% dengan nilai rata-rata 69,52 pada siklus II meningkat menjadi 88,57% dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 77. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan model kooperatif tipe Think Pair Share denganmenggunakan alat peraga kotif dapat meningkatkan kualitas proses, dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 06 Bengkulu Tengah.