PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DALAM MEMBUAT KARYA BENDA KONSTRUKSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)

Main Authors: Muharsih, Yuli, Hasnawati, Hasnawati, Anggarini, Venny
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/8897/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-yul.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8897/2/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-yul.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8897/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas pembelajaran dalam membuat karya benda konstruksi pada mata pelajaran SBK kelas IVB SDN 68 Kota Bengkulu dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IVB SDN 68 Kota Bengkulu. Instrumen` yang digunakan yakni lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Teknik analisis data observasi dengan menggunakan rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisi skor, dan kisaran nilai untuk tiap kriteria. Hasil penelitian siklus I diperoleh rata-rata observasi aktivitas guru 42,5 kategori cukup, siklus II 49,5 kategori baik, dan siklus III 54,5 kategori baik. Rata-rata observasi aktivitas siswa siklus I 39,5 kategori cukup, siklus II 47,6 kategori baik, dan siklus III 51,5 karegori baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran SBK dalam membuat karya benda konstruksi di kelas IVB SDN 68 Kota Bengkulu.