UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD XAVERIUS 20 CURUP KABUPATEN REJANG LEBONG

Main Authors: Supariningsih, Yohana Fransisca , V. Karjiati, V. Karjiati, Sugiyanto , Sugiyanto
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/8895/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-yoh.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8895/2/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-yoh.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8895/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di kelas V SD Xaverius 20 Curup. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan lembar tes. Analisis data lembar observasi menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai. Data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Dari analisis data menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 27 dengan kategori cukup, pada siklus II meningkat sebesar 34 dengan kategori baik. Pada siklus I diperoleh nilai rata- rata skor observasi siswa sebesar 26 dengan kategori cukup, pada siklus II meningkat menjadi 32 dengan kategori baik. Hasil analisis tes belajar pada siklus I dari 20 siswa hanya 10 siswa tuntas dengan nilai rata-rata 69,6 dan ketuntasan klasikal sebesar 50% meningkat pada siklus II dengan nilai rata- rata 82,7 dengan ketuntasan klasikal sebesar 90%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Xaverius 20 Curup