PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN TANGRAM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK KELAS VA SD NEGERI 52 KOTA BENGKULU)

Main Authors: Wahyuningsih, Tri, Gunawan, Ansyori, Lukman, Lukman
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/8891/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-tri.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8891/2/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-tri.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8891/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dengan menerapkan model Cooperative Learning Type NHT dengan menggunakan permainan tangram. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Instrumen yang digunakan lembar tes, lembar observasi guru dan siswa, pengamatan afektif dan psikomotor. Hasil tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 58,1% dengan nilai rata-rata 64,60 pada siklus II meningkat menjadi 87,1% dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 71,05. Untuk pengamatan afektif siswa pada siklus I berada pada kategori cukup (C), pada siklus II meningkat pada kategori baik (B). Demikian pula untuk pengamatan psikomotor pada siklus I berada pada kategori cukup (C), pada siklus II meningkat pada kategori baik (B). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Cooperative Learning Type Numbered Head Together (NHT) dengan permainan tangram dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA SD Negeri 52 Kota Bengkulu