UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ILMUPENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DENGAN MENERAPKAN METODE BRAINSTORMING MELALUI KELOMPOK KECIL DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 33 SELUMA KABUPATEN SELUMA

Main Authors: Tarusmawati, Tarusmawati, Hambali, Daimun, Resnani, Resnani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/8887/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-tar.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8887/2/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-tar.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8887/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada matapelajaran IPS dengan menerapkan Metode Pembelajaran Brainstorming di kelas V SD Negeri 33 Seluma. Subjek penelitian ini adalah seluruhsiswa kelas V SD Negeri 33 Seluma yangberjumlah 26 orang. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi, danlembar tes. Data tes dianalisis dengan menggunakan nilai rata-rata dan persentaseketuntasan belajar, sedangkan data observasi dianalisis dengan rata-rata skor,skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran untuk tiap kriteria. Hasilyang dicapai dalam penelitian ini adalah aktivitas guru pada siklus I diperolehrata-rata skor 30,5 dengan kriteria baik dan pada siklus II rata-rata skor aktivitasguru meningkat menjadi 33 dengan kriteria baik. Untuk aktivitas siswa padasiklus I diperoleh rata-rata skor 23 dengan kriteria cukup dan pada siklus II rata-rataskor aktivitas siswa meningkat menjadi 30,5. Kemudian untuk hasil data tessiklus I mendapat nilai rata-rata 6,46 dengan ketuntasan belajar klasikal 50% danuntuk siklus II diperoleh nilai rata-rata 8,06 dengan ketuntasan belajar klasikal84,61%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwamelalui metode pembelajaran Brainstorming dapatmeningkatkan hasil belajar siswa serta dapat meningkatkan aktivitas guru dansiswa dalam proses pembelajaran IPS khususnya di kelas V SD Negeri 33 Seluma.Berdaasarkan hasil penerapan dengan model pembelaajaran Brainstorming dapat dijadikan sebagai bahan acuan untuk mengadakan penelitian selanjutnya dari sudut permasalahan yang berbeda.Selain itu dapat diimplementasikan sebagai bahan kajian pendekatan pembelajaran bagi guru untuk diterapkan di Kelas V SDNegeri 33 Kabupaten Seluma sebagai alternative model pembelajaran IPS.