UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) SISWA KELAS V SD NEGERI 10 CURUP TIMUR
Main Authors: | Sukasmi, Sukasmi, V. Karjiati, V. Karjiati, Sugiyanto , Sugiyanto |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/8879/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-suk.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8879/2/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-suk.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8879/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar dengan menggunakan metode pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus yang terdiri dari 4 tahap.. Teknik pengumpulan data mengunakan observasi dan tes. Teknik analisis data pada lembar observasi menggunakan rumus kisaran nilai nilai, sedangkan untuk tes mengunakan rata-rata kelas dan ketuntasan belajar. Hasil lembar observasi guru pada siklus 1 memperoleh skor 21 dalam kategori cukup meningkat pada siklus 2 menjadi total skor 31,5 kategori baik. hasil lembar observasi siswa pada siklus 1 memperoleh skor 20,5 dalam kategori cukup meningkat pada siklus 2 menjadi total skor 31 dalam kategori baik. Hasil tes siklus 1 ketuntasan klasikal 76% dengan rata-rata kelas 67, meningkat menjadi 92% dengan rata-rata 7,1 pada siklus 2. Kesimpulan menggunakan metode pendekatan (RME) dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar