PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 52 KOTA BENGKULU

Main Authors: Haryati, Septa, Gunawan, Ansyori, Noperman, Feri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/8876/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-sep.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8876/2/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-sep.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8876/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar kognitif Matematika. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pretest-posttest control group design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 52 Kota Bengkulu yang terdiri dari kelas VA sebagai kelas kontrol sebanyak 27 siswa dan kelas VB sebagai kelas eksperimen sebanyak 26 siswa. Uji coba instrument dilakukan di SD Negeri 20 Kota Bengkulu. Uji instrument dilakukan dikelas VB yang terdiri dari 30 siswa. Instrumen penelitian berupa lembar tes pretes-postes. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan Uji-t diperoleh bahwa terdapat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri 52 Kota Bengkulu. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media audio visual berpengaruh positif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.