UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 01 CURUP KABUPATEN REJANG LEBONG
Main Authors: | Pasaribu, Romintan , V. Karjiati, V. Karjiati, Sugianto, Sugianto |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/8869/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-rom.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8869/2/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-rom.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8869/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 01 Curup dengan menerapkan model inkuiri terbimbing. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: 1) perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, dan 4) refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 01 Curup. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi guru dan siswa serta lembar tes. Data observasi dianalisis menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai. Data tes dianalisis menggunakan rata-rata kelas dan ketuntasan belajar klasikal. Hasil analisis data aktivitas guru siklus I diperoleh skor 25,5 pada kategori cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 33,5 pada kategori baik. Aktivitas siswa siklus I diperoleh skor 22 pada kategori cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 32 pada kategori baik. Hasil tes belajar pada siklus I diperoleh rata-rata 70 dengan ketuntasan klasikal 65,7%, meningkat pada siklus II menjadi 76,9 dengan ketuntasan klasikal 88,6%. Kesimpulan dari penelitian ini penerapan model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 01 Curup, kabupaten Rejang Lebong