PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR DI KELAS V SDN. 06 CURUP TIMUR KABUPATEN REJANGLEBONG
Main Authors: | Rahmawati, Rahmawati, V. Karjiati, V. Karjiati, Sugianto, Sugianto |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/8862/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-rah.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8862/2/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-rah.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8862/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar IPA melalui metode eksperimen siswa kelas V SDN 06 Curup Timur. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebanyak duasiklus. Tiap sikl us terdiri dari 4 tahapyaitu: 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi, dan 4)Refleksi. Subyek peneitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 06 Curup Timur. Instrument penelitian ini terdiri dari lembar observasi guru dan lembartes. Data Observasi dianalisis menggunakan rumus rata-rata skor, skortertinggi, skorterendah, selisih skor dan kisaran nilai. Data tes dianalisis meggunakan rata-rata kelas dan ketuntasan belajar klasikal. Hasil aktivitas guru siklus I diperoleh skor 42 pada kategori cukup dan meningkat di siklus II menjadi 39 pada kategori baik. Sedangkan aktivitas siswa padasiklus I diperoleh 28,5 pada kategori cukup dan meningkat siklus II menjadi 39 pada kategori baik. Penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 06 CurupTimur. Hal ini ditunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 6,8 dengan ketuntasan belajar 54,5% meningkat pada siklus II diperoleh nilai 7,8 dengan ketuntasan 90%. Kesimpulan dari penelitian ini penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 06 Curup Timur