STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING(PBL) DAN INKUIRI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 45 KOTA BENGKULU

Main Authors: Puspa, Nopsi Eka , Gunawan, Ansyori, Lusa , Herman
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/8847/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-nov.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8847/2/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-nov.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8847/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar aspek kognitif antara siswa yang mengikuti pembelajaran Matematika menggunakan model PBL dan Inkuiri pada kelas V SD Negeri 45 Kota Bengkulu. metode Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 45 Kota Bengkulu. pengambilan kelas sampel dilakukan secara acak tetapi pengambilan kelompok tidak secara acak tetapi berpasangan. Maka, menggunakan model desain Matching Pretest and Posttest Comparison Group Design sehingga diperoleh kelas VA yang berjumlah 29 siswa sebagai kelas eksperimen I, kelas VB yang berjumlah 29 siswa sebagai kelas eksperimen II, dan kelas VE SD N 42 sebagai kelas uji coba instrumen. Instrumen penelitian berupa lembar tes. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan Uji-t kelas VA dan VB pada aspek kognitif siswa adalah sebagai berikut:Pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan menggunakan uji-t. Apabila tabel hitung tt  berarti tidak terdapat perbedaan yang siginifikan antara kelas eksperimen I dengan kelas eksperimen II dan sebaliknya jika tabel hitung tt  berarti terdapat perbedaan yang siginifkan antara kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Hasil pengujian hipotesis terhadap kedua kelas sampel.menunjukkan bahwa nilai hitung t sebesar 0,02 lebih kecil dari pada nilai tabel t pada taraf signifikan 5% sebesar 1,67 Untuk berada di daerah penerimaan dan penolakan . Artinya tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang siginifikan pada aspek pengetahuan antara kelas eksperimen I dibandingkan dengan kelas eksperimen II. Hasil ini menunjukkan bahwa kelas eksperimen I yang mengikuti pembelajaran dengan menerapkan model PBL memiliki hasil belajar yang tidak jauh berbeda dibandingkan kelas eksperimen II yang mengikuti pembelajaran dengan menerapkan model inkuiri