STUDI DESKRIPTIF PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS IV SD NEGERI 01 KOTA BENGKULU

Main Authors: Ariffiando, Nady Febri, Muktadir, Abdul, Dadi, Sri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/8840/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-nad.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8840/2/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-nad.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8840/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran Tematik dengan menerapkan pendekatan Saintifik di kelas IV SD Negeri 01 Kota Bengkulu. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kelas IV A dan kelas IV B di SD Negeri 01 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan kueisioner. Uji kredibilitas data melalui perpanjangan pengamatan dan triangulasi. Data yang telah diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian (display) data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu 1) Pada perencanaan pembelajaran, terdapat komponen- komponen yang sudah lengkap, diantaranya: (a) Identitas RPP, (b) Kompetensi inti/KI, (c) Materi pembelajaran, (d) Pendekatan/metode (e) Alat,Media dan sumber yang digunakan; 2) Pada pelaksanaan pembelajaran guru terlihat belum maksimal dalam melaksanakan pembelajaran tematik dengan menerapkan pendekatan saintifik, hal ini terlihat dari kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan, masih terdapat komponen pendekatan saintifik yang belum dilaksanakan yaitu menanya dan mencoba; 3) Guru juga belum maksimal dalam melakukan tahap evaluasi yang terdiri dari penilaian aspek sikap, aspek pengetahuan dan aspek keterampilan siswa. Hal ini terlihat dari hasil penelitian, guru belum melakukan penilaian ketiga aspek tersebut secara maksimal dengan menggunakan instrumen penilalian masing-masing dari setiap aspek. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru dalam melaksanakan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran tematik dengan menerapkan pendekatan saintifik, masih kurang dan perlu ditingkatkan, sehingga siswa dapat lebih aktif dalam pembelajaran.