PENGARUH PENGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIK MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 17 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Sulistia, Hukmah, V. Karjiati, V. Karjiati, Noperman, Feri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/8817/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-huk.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8817/2/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-huk.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8817/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Terhadap Pengembangan Kreativitas serta Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri 17 Kota Bengkulu. Populasi yaitu siswa kelas IV SD Negeri 17 Kota Bengkulu dengan sampel siswa kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan IVB sebagai kelas kontrol, melalui pengambilan sampel dengan mengunakan teknik cluster random sampling. Jenis penelitian eksperimen semu dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar aspek kognitif dan rubrik penilaian kemampuan berfikir kreatif siswa. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji-t yang dilakukan pada hasil belajar aspek kognitif menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa yang signifikan pada kelas yang mengunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education. Uji-t dua sampel independen, pada hasil belajar yang dinilai berdasarkan penilaian rubrik kemampuan berfikir kreatif siswa didapat bahwa terdapat pengaruh pengembangan kemampuan berfikir kreatif siswa yang signifikan pada kelas yang mengunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education dengan pengembangan terjadi pada tahap dasar berfikir kreatif yakni tahap persiapan dan inkubasi.