STUDI DESKRIPTIF PENGELOLAAN PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DI KELAS IV SDN 81 KOTA BENGKULU

Main Authors: Tria, Euis, Winarni, Endang Widi, Muktadir, Abdul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/8807/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-eus.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8807/2/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-eus.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8807/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran tematik dengan menggunakan pendekatan scientific di kelas IV SDN Negeri 81 Kota Bengkulu. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan uji kredibilitas data melalui triangulasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian (display) data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu 1) dalam tahap perencanaan guru tidak melaksanakan. Karena guru hanya berpedoman pada buku guru yang telah disiapkan oleh pemerintah dalam pengimplementasian kurikulum 2013 sehingga menyebabkan guru merasa tidak perlu lagi untuk membuat silabus dan RPP untuk proses pembelajaran., 2) pada tahap pelaksanaan pembelajarannya sudah runtut mulai dari tahapan pendahuluan, tahap inti dan tahap penutup. Hanya saja pada kedua guru ini belum melaksanakan kelima tahapan dari pendekatan scientific, 3) dalam proses pembelajaran guru belum terlihat melakukan penilaian pada ketiga aspek penilaian yang ada pada kurikulum 2013, 4) untuk tahap tindak lanjut, guru belum melaksanakan pemberian tindak lanjut kepada siswa. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran Tematik dengan menggunakan pendekatan Scientific belum sepenuhnya bejalan dengan baik.