PENGGUNAAN MEDIA ICT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 01 CURUP KABUPATEN REJANG LEBONG
Main Authors: | Erniwati, Erniwati, Sugianto, Sugianto, V. Karjiati, V. Karjiati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/8804/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-ern.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8804/2/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-ern.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8804/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar IPA dengan menggunakan media ICT siswa kelas V SDN 01 Curup Kabupaten Rejang Lebong.Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri 4 tahap yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, 4) refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 01 Curup Kabupaten Rejang Lebong.Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi guru dan siswa serta lembar tes.Data observasi dianalisis menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, dan kisaran nilai.Data tes dianalisis menggunakan rata-rata kelas dan ketuntasan belajar klasikal. Hasil analisis data aktivitas guru pada siklus I diperoleh skor 25,5 pada kategori cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 33,5 pada kategori baik. Aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 25 pada kategori cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 33 pada kategori baik. Hasil tes belajar pada siklus I diperoleh rata-rata 69,53 dengan ketuntasan belajar 68,75% meningkat pada siklus II menjadi 77,73 dengan ketuntasan belajar klasikal 90,63%. Kesimpulan dari penelitian ini penggunaan media ICT meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 01 Curup Kabupaten Rejang Lebong.