PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 09 PONDOK KELAPA KABUPATEN BENGKULU TENGAH

Main Authors: Suprihatin, Endang, Hambali, Daimun, Resnani, Resnani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/8801/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-end.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8801/2/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-end.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8801/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pendekatan konstruktivistik, untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran IPS, dan hasil belajar IPS Kelas IV SD Negeri 09 Pondok Kelapa. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri atas 1 pertemuan. Tahapan disetiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data mengunakan lembar tes dan lembar observasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian: (1) Meningkatkan aktivitas belajar; (a)observasi aktivitas guru siklus I rata-rata skor 24,5 kategori cukup dan meningkat pada siklus II rata-rata skor 29 dengan kategori baik; (b) aktivitas siswa siklus I rata-rata skor 24 dengan kriteria cukup dan meningkat pada siklus II rata-rata 30 dengan kriteria baik. (2) Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal; (a) Kognitif; hasil analisis tes/evaluasi siklus I sebesar 78,26% nilai rata-rata 73,71 meningkat pada siklus II sebesar 82,61% nilai rata-rata 76,76; (b) Afektif; siklus I kategori baik 13 siswa dan siklus II meningkat mencapai 22 siswa dengan kategori baik; (c) psikomotor: siklus I dengan kategori baik sebanyak 11 siswa dan siklus II meningkat sebanyak 21 siswa dengan kategori baik.Dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan konstruktivistik dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas proses dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 09 Pondok Kelapa.