STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KREATIF PRODUKTIF DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS IV SDN 20 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Ningsih, Dita Ayusta, V. Karjiati, V. Karjiati, Yuliantini, Nani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/8796/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-dit.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8796/2/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-dit.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8796/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar Matematika menggunakan model Pembelajaran Kreatif Produktif dan model PBL dikelas IV SDN 20 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain Matching Pretest and Posttest Comparison Group Design . Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 20 Kota Bengkulu. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik Simple Random Sampling , diperoleh kelas IVA berjumlah 39 orang siswa sebagai kelas uji coba instrument, kelas IVC berjumlah 39 orang siswa sebagai kelas eksperimen I menggunakan model pembelajaran Kreatif Produktif dan kelas IVB berjumlah 38 orang siswa sebagai kelas eksperimen II menggunkan model Problem Based Learning (PBL). Selanjutnya dilakukan analisis data uji normalitas, homogenitas, dan dilanjutkan dengan ujian hipotesis yang dilakukan dengan rumus uji t dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada peningkatan hasil belajar siswa diperoleh t hitung -0,57 < ttabel 2,00 artinya tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Kreatif Produktif dan model PBL. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Kreatif Produktif dengan model PBL pada mata pelajaran Matematika.