PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 07 CURUP TIMUR REJANG LEBONG
Main Authors: | Purba , Dermalina , V. Karjiati, V. Karjiati, Sugianto, Sugianto |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/8790/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-der.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8790/2/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-der.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8790/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar Matematika melalui model kooperatif tipe TPS siswa kelas IV SDN 07 Curup Timur Rejang Lebong. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri 4 tahap yaitu: 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 07 Curup Timur Rejang Lebong. Intrumen penelitian terdiri lembar observasi guru dan siswa serta lembar tes. Data observasi dianalisis menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai. Data tes dianalisis menggunakan rata-rata kelas dan ketuntasan belajar klasikal. Hasil analisis data aktivitas guru pada siklus I diperoleh skor 26,5 pada kategori cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 31,5 pada kategori baik. Aktivitas siswa pada siklus I diperoleh skor 26,5 pada kategori cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 31 pada kategori baik. Hasil tes belajar pada siklus I diperoleh rata-rata 65,9 dengan ketuntasan belajar 60,9% meningkat pada siklus ke II menjadi 75,7 dengan ketuntasan belajar 82,6%. Kesimpulan dari penelitian ini penerapan pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 07 Curup Timur Rejang Lebong