STUDI DESKRIPTIF SISTEM FULL DAY SCHOOL DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA SDIT IQRA’ 1 KOTA BENGKULU

Main Authors: Sastriyani, Benni, Yusuf, Syahril, Hambali, Daimun
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/8787/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-ben.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8787/2/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-ben.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8787/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang pendidikan sistem full day school dalam mengembangkan karakter siswa. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus, dengan pendekatan dekskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan verifikasi. Pemeriksaan keabsahan data yaitu melalui perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan member check. Hasil penelitian dideksripsikan sebagai berikut: (1) perencanaan program meliputi: penyusunan kalender akademik, pengondisian lingkungan sekolah, mengembangkan silabus dan RPP, dan pengintegrasian pengembangan karakter dalam kurikulum; (2) pada pelaksanaan program melalui kerjasama seluruh guru dan tenaga kependidikan, membangun komunikasai dan kerjasama dengan orang tua siswa, menjalin hubungan harmonis antara guru dan siswa, pengintegrasian nilai karakter ke dalam mata pelajaran, pelaksanaan program pengembangan diri dan pelaksanaan program budaya sekolah; (3) evaluasi program pengembangan karakter terdiri atas penilaian terhadap tenaga pendidik dan kependidikan, kerjasama dengan orang tua siswa, dan penilaian keberhasilan siswa