STUDI DESKRIPTIF BENTUK-BENTUK KENAKALAN SISWA DAN CARA GURU MENGATASINYA DI KELAS IV SD NEGERI 53 KOTA BENGKULU

Main Authors: Egok, Asep Sukenda, Muktadir, Abdul, Hasnawati, Hasnawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/8785/1/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-ase.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8785/2/I%2CII%2CIII%2CII-14-ase.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8785/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran guru dalam mengatasi kenakalan siswa kelas IV SD Negeri 53 Kota Bengkulu. Pengambilan informan menggunakan teknik porpusive sampling dengan menggunakan satu orang informan, yaitu guru kelas IV. Sumber data diperoleh dari pedoman pengamatan/observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kualitatif Deskriptif. Penelitian ini merupakan penelitian naturalistik karena penelitian ini dilakukan pada kondisi yang alamiah. Prosedur pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, display data dan verivikasi data. Keabsahan data menggunakan triangulasi dan member check. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: Kenakalan-kenakalan yang muncul, seperti: mencuri, mengganggu, berdusta, mempergunakan kata-kata yang kasar dan kotor, merusak benda-benda milik sekolah, membolos, membaca komik di dalam kelas, makan diwaktu ada pelajaran, berbisik-bisik pada saat guru sedang menjelaskan, membuat keributan dan bertengkar dengan teman dalam pembelajaran dapat diberikan solusi oleh guru berdasarkan pengalaman guru itu sendiri. Solusi yang diberikan oleh guru sering spontan tanpa memperhatikan dampak psikologis siswa yang akibatnya dapat menimbulkan permasalahan bagi siswa yang mendapatkan sanksi. Idealnya hukuman yang diberikan harus mendidik agar siswa yang mendapat hukuman tidak merasa dihukum.