HUBUNGAN SUASANA LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS III KOTA BENGKULU

Main Authors: Febriyanti, Arida, Resnani, Resnani, Hasnawati, Hasnawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/8783/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-ari.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8783/2/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-ari.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8783/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan suasana lingkungan belajar dengan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Gugus III Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Gugus III Kota Bengkulu yang berjumlah 123 orang siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Gugus III Kota Bengkulu yang berjumlah 60 orang siswa. Instrumen penelitian berupa angket dan didukung oleh wawancara. Angket terdiri dari 47 soal yang mengukur tentang suasana lingkungan belajar dan 46 soal yang mengukur tentang motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Gugus III Kota Bengkulu. Teknik analisis data dilakukan dengan perhitungan statistik “Korelasi Product Moment”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rhitung = 0,799 yang berada pada arah yang positif dengan interpretasi nilai r pada interval 0,70-0,90 sehingga tingkat hubungan antara variabel X dan variabel Y dikatagorikan memiliki hubungan yang kuat. Uji signifikan koefisien korelasi menunjukkan bahwa rtabel pada taraf signifikan 5% sebesar 0,254. Dengan demikian berarti rhitung ≥ rtabel pada taraf signifikansi 5% dengan kata Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara suasana lingkungan belajar dengan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Gugus III Kota Bengkulu.