UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SD TAMAN SISWA REJANG LEBONG

Main Authors: Handaiyani , Agustina , V. Karjiati, V. Karjiati, Sugianto, Sugianto
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/8779/1/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-agu.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8779/2/I%2CII%2CIII%2CII-14-agu.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8779/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar IPS siswa kelas IV Taman Siswa Curup dengan media gambar. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalan dua siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: 1) perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, dan 4) refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Taman Siswa Curup. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi guru dan siswa serta lembar tes. Data observasi dianalisis menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai. Data tes dianalisis menggunakan rata-rata kelas dan ketuntasan belajar klasikal. Hasil analisis data aktivitas guru siklus I diperoleh skor 22 pada kategori cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 35 pada kategori baik. Aktivitas siswa siklus I diperoleh skor 20 pada kategori cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 35 pada kategori baik. Hasil tes belajar pada siklus I diperoleh rata-rata 61,5 dengan ketuntasan klasikal 42,8%, meningkat pada siklus II menjadi 80,4 dengan ketuntasan klasikal 92,85%. Kesimpulan dari penelitian ini Penggunaan Media gambar dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Taman Siswa Curup, kabupaten Rejang Lebong.