MENINGKATKAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA PADA KELOMPOK B1 TK NEGERI PEMBINA PADANG ULAK TANDING KABUPATEN REJANG LEBONG

Main Authors: Zubaidah, Betty, Dharmayana, I Wayan , Delrefi, Delrefi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/8777/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-bet.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8777/2/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-bet.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8777/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kecerdasan logika matematika melalui permainan ular tangga di Taman Kanak-kanak Pembina Padang Ulak Tanding. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan yang dilaksanakan pada tanggal 22 Maret sampai 3 April 2014. Teknik pengumpulan data dari hasil observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh informasi bahwa pada siklus I baru 4 orang (40%) yang mampu berhitung angka dari satu sampai sepuluh, sedangkan 6 orang (60%) masih mendapat nilai kurang. Pada siklus ke II mengalami peningkatan anak yang memperoleh nilai nilai baik meningkat menjadi 9 orang (90%) dan hanya satu yang belum berhasil dikarenakan faktor umur yang memang belum mencapai 5 tahun. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan media permainan ular tangga melalui permainan ular tangga dapat meningkatkan kecerdasan logika matematika anak dan terbukti efektif.