MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK DENGAN METODE BERMAIN PERAN DI PAUD AZ-ZAHRA KABUPATEN KEPAHIANG

Main Authors: Pebriani, Ela , Zulkarnain, Rufran, Sofino, Sofino
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/8761/1/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-ela.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8761/2/I%2CII%2CIII%2CII-14-ela.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8761/
Daftar Isi:
  • Kemampuan sosial adalah proses kemampuan belajar dan tingkah laku yang berhubungan dengan individu untuk hidup dan sebagai bagaian kelompoknya. Kemampuan sosial merupakan kecakapan seorang anak untuk merespon dan mengikat perasaan dengan perasaan positif, dan memiliki kemampuan yang tinggi untuk menarik perhatian mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami tentang meningkatkan kemampuan sosial anak dengan menggunakan metode bermain peran. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Adapun subjek penelitian yaitu anak-anak PAUD AZ- ZAHRA berjumlah 18 orang. Adapun tindakan perbaikan pengajaran yang dilakukan terdiri dari 3 siklus. Penilaian dilakukan dengan observasi langsung terhadap anak. Adapun aspek-aspek yang diteliti yaitu, anak mau bekerjasama dengan teman dalam kelompok ketika melakukan kegiatan, anak mampu melaksanakan sosialisasi, anak mengetahui mana perbuatan yang disetujui lingkungan dan tidak, anak tidak takut atau malu bermain peran sosial dan anak tidak mengulang kalimat temannya lagi, maka didapatkan kemampuan sosial anak PAUD dari ketiga siklus sebagai berikut: Untuk pra siklus kemampuan sosial anak 22,22%, untuk siklus I kemampuan sosial anak 36,11%, siklus II Kemampuan sosial anak 47,22%, dan siklus III kemampuan sosial anak 80,55%. Dilihat dari hasil penelitian dan pembahasan maka didapat suatu kesimpulan bahwa metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan sosial anak.