IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) MENGGUNAKAN PETA KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA DAN AKTIVITAS SISWA DI KELAS X3 SMA NEGERI 1 GIRI MULYA BENGKULU UTARA

Main Authors: Haryati, Siti , Amir, Hermansyah, Rohiat, Salastri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/8753/1/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-sit.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8753/2/I%2CII%2CIII%2CII-14-sit.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8753/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan (tindakan), observasi dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kimia dan aktivitas siswa kelas X3 SMA N 1 Giri Mulya pada materi hidrokarbon dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Teams Assisted Individualization menggunakan peta konsep dan keterampilan proses. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes, angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 67,17, siklus II meningkat menjadi 71,30 dan siklus III meningkat menjadi 86,65. Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I sebesar 64,51%, siklus II meningkat menjadi 72,72% dan siklus III meningkat menjadi 94,12%. Peningkatan hasil belajar siswa ini diikuti pula oleh peningkatan aktivitas belajar siswa. Pada siklus I berada pada kategori cukup dengan rata-rata skor 27,6, pada siklus II berada pada kategori baik dengan rata- rata skor 36,25 dan rata-rata skor 39,5 pada siklus III dengan kategori baik. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Assisted Individualization menggunakan peta konsep dan keterampilan proses dapat meningkatkan hasil belajar kimia dan aktivitas siswa kelas X3 SMA N 1 Giri Mulya