STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DAN MODEL PEMBELAJARAN TPS (THINK PAIR SHARE)

Main Authors: Mentari, Meiria Ulfah, Wiwit, Wiwit, Bahar, Amrul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/8747/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-mei.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8747/2/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-mei.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8747/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada pembelajaran kimia antara kelas eksperimen I yang menerapkan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dengan kelas eksperimen II yang menerapkan model pembelajaran TPS (Think Pair Share) pada pokok bahasan reaksi redoks di kelas X SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Hasil belajar siswa pada penelitian ini dilihat dari selisih nilai pretest dan postest. Pada kelas eksperimen I, nilai rata-rata peningkatan hasil belajar kognitif siswa sebesar 42,19. Sedangkan pada kelas eksperimen II, nilai rata-rata peningkatan hasil belajar kognitif siswa sebesar 50. Melalui serangkaian uji statistik dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t (α = 0,01) diperoleh thitung=3,16 dan ttabel(0,99)(62)=2,66. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas yang menerapkan model PBL dan kelas yang menerapkan model TPS.