PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DIKOMBINASIKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PBL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DI MAN 1 MODEL KOTA BENGKULU
Main Authors: | Syahdani, Ferdi , Wiwit, Wiwit, Bahar, Amrul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/8744/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-fer.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8744/2/IV%2CV%2CLAMP.II-14-fer.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8744/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dikombinasikan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan model pembelajaran konvensional pada pembelajaran kimia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan populasi seluruh siswa-siswi kelas XI MAN 1 Model Kota Bengkulu dan sampel adalah kelasXI IPA 4 sebagai kelas control dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen. Analisa data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Hasil analisa data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata peningkatan hasil belajar siswa dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol . Nilai rata-rata peningkatan hasil belajar siswa untuk kelas kontrol adalah 45 sedang kan untuk kelas eksperimen 55. Uji-t kedua kelas sampel dengan α = 0,05 diperoleh thitung = 3,67 sedangkan ttabel (0,95)(42) = 1,68 berarti thitung>ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.