UJI HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS KOMPUTER DENGAN MEDIA POWER POINT MATA PELAJARAN KIMIA POKOK BAHASAN REDOKS KELAS X DI SMAN 1 PADANG JAYA BENGKULU UTARA
Main Authors: | Saputra, Daniele Tegar Abadi Lady, Amir, Hermansyah, Rohiat, Rohiat |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/8742/1/I%2CII%2CII%2CII-14-dan.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8742/2/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-dan.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8742/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kimia siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Komputer Menggunakan Media Power Point pada Pembelajaran Kimia Kelas X Pokok Bahasan Redoks di SMA N 1 Padang Jaya Bengkulu Utara Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa-siswi kelas X SMA N I Padang Jaya dan sampel adalah kelas XA sebagai kelas Eksperimen yang menggunakan model CTL dan kelas XC sebagai kelas kontrol yang tidak menggunakan CTL. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, homogenitas, dan uji-t. Hasil analisa data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata hasil belajar siswa dalam model pembelajaran CTL dan tanpa CTL. Nilai rata-rata untuk kelas Eksperimen sebesar 76,67 sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 71,47. Uji-t kedua kelas sampel dengan α = 0.05 diperoleh thitung=5,909 sedangkan ttabel(0.95)(67)=2,66 berarti thitung>ttabel, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Komputer Menggunakan Media Power Point dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa.