PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA ANTARA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DAN INQUIRY PADA MATERI LARUTAN ASAM DAN BASA SMA NEGERI 1 BENGKULU TENGAH
Main Authors: | Pratiwi. R, Chintya , Candra, I Nyoman, Bahar, Amrul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/8741/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-chi.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8741/2/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-chi.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8741/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada pembelajaran kimia antara kelas eksperimen I yang menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dengan kelas eksperimen II yang menerapkan model pembelajaran Inquiry pada materi larutan asam dan basa di kelas XI IPA 1 dan XI IPA 3 SMA Negeri 1 Bengkulu Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Hasil belajar siswa pada penelitian ini dilihat dari selisih nilai pretest dan postest. Pada kelas eksperimen I, nilai rata-rata peningkatan hasil belajar kognitif siswa sebesar 44,85. Sedangkan pada kelas eksperimen II, nilai rata-rata peningkatan hasil belajar kognitif siswa sebesar 35,29. Melalui serangkaian uji statistik dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t (α = 0,01) diperoleh thitung=3,44 dan ttabel(0,99)(66)=2,66. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dan Inquiry.