PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) TEMATIK INTEGRATIF PADA MATERI GARIS PARALEL UNTUK SEKOLAH DASAR KELAS IV

Main Authors: Fitri, Deti , Rusdi, Rusdi, Maulidiya, Della
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/8737/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-det.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8737/2/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-det.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8737/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Tematik Integratif pada Materi Garis Paralel untuk Sekolah dasar Kelas IV yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektifi yang baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Development Research) dengan mengadopsi prosedur formative evaluation. Penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap yaitu: tahap self evaluation, tahap prototyping, dan tahap filed test. Validasi LKS dilakukan oleh seorang ahli pendidikan bidang matematika dan seorang ahli pembelajaran tematik integratif pada aspek materi, konstruksi, dan bahasa. Kepraktisan LKS diuji kepada enam siswa kelas IV B SDN 09 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2013/2014. Efektifitas LKS diuji pada 25 siswa kelas IV A SDN 09 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2013/2014. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar kepraktisan, dan lembar efektifitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) LKS Tematik Integratif pada Materi garis Paralel untuk Sekolah Dasar Kelas IV termasuk dalam kategori valid dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa dengan skor rata-rata 4,18, b) LKS Tematik Integratif pada Materi garis Paralel untuk Sekolah Dasar Kelas IV termasuk dalam kategori praktis dengan skor rata-rata 4,24, c) LKS Tematik Integratif pada Materi garis Paralel untuk Sekolah Dasar Kelas IV termasuk dalam kategori efektif dengan skor rata-rata 4,26.