MENINGKATKAN PEMAHAMAN ANAK TENTANG KONSEP SAINS SEDERHANA MELALUI METODE INQUIRY DISCOVERY PADA KELOMPOK B TK PEMBINA SELUPU REJANG
Main Authors: | Sriyati, Sriyati, Dharmayana, I Wayan , Delrefi, Delrefi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/8715/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-sri.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8715/2/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-sri.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8715/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman anak tentang konsep sains sederhana melalui metode Inquiry Discovery. Subjek penelitian ini adalah anak-anak kelompok B TK Pembina Selupu Rejang Kecamatan Selupu Rejang dengan jumlah 20 anak terdiri dari 8 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Tahap penelitian terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, satu siklus terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian pada akhir siklus 1, jumlah anak yang mendapat nilai baik, menyebutkan bahan alat yang digunakan dalam percobaan, 70 %, tekun mengamati percobaan yang sedang dilakukan guru 75 %, menyebutkan benda apa saja benda yang terapung 65 %, menyebutkan benda apa saja yang melayang 65 %, menyebutkan benda apa saja yang tenggelam 75 %, menjelaskan mengapa benda tersebut terapung, melayang, tenggelam 65 %. Pada siklus II jumlah anak yang mendapat nilai baik pada aspek menyebutkan bahan, alat yang digunakan dalam percobaan 85%. Tekun mengamati percobaan yang sedang dilakukan guru 80%, menyebutkan benda apa saja yang terapung 80%, menyebutkan benda apa saja yang melayang 85%, menyebutkan benda apa saja yang tenggelam 85%, menjelaskan mengapa benda tersebut terapung, melayang, tenggelam 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan tentang metode inquiry discovery dapat meningkatkan pemahaman tentang konsep sains sederhana.