PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA ANAK KELOMPOK USIA 4-5 TAHUN PAUD ‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 01 KABUPATEN KEPAHIANG)
Main Authors: | Wahyuni , Sri , Sasongko, Rambat Nur, Syam, Norman |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/8714/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-sri.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8714/2/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-sri.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8714/ |
Daftar Isi:
- Rumusan masalah penelitian adalah bagaimana penerapan metode bermain peran yang tepat, sehingga dapat meningkatkan kemampuan sosial anak?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode bermain peran yang tepat, sehingga dapat meningkatkan kemampuan sosial anak. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), data dikumpulkan melalui observasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui nilai rata-rata. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan sosial anak dengan cara memberikan contoh masalah sosial yang sering terjadi dilingkungan anak dan mengemasnya kedalam bentuk permainan drama peran dengan bantuan media pembelajaran yang diciptakan sendiri. Meningkatnya kemampuan sosial anak terbukti dengan hasil observasi yang telah dilakukan dan diperoleh nilai rata-rata siklus 1 sebesar 55,4 atau 55,4% dan siklus 2 sebesar 80,7 atau 80,7% dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) atau bintang 4.