PENERAPAN METODE BERNYANYI DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B4 TK KARTIKA II-20 CURUP

Main Authors: Widiayanti , Sri, Wembrayarli, Wembrayarli, Azwandi, Azwandi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/8713/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-sri.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8713/2/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-sri.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8713/
Daftar Isi:
  • Penulisan ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan bahasa anak melalui metode bernyanyi dengan media audiovisual untuk meningkatkan keterampilan berbahasa anak usia dini di Kelompok B4 TK Kartika II-20. Akar permasalahan penulisan ini adalah bagaimana dengan metode bernyanyi dengan media audiovisual dapat meningkatkan keterampilan berbahasa pada anak. Penulisan tindakan kelas ini dilaksanakan 2 siklus jumlah anak 16 orang yang terdiri dari berbagai latar belakang orang tua yang berbeda. Data anak diambil berdasarkan observasi, data hasil belajar dan naskah soal atau instrument. Analisis data menggunakan teknik persentase. Hasil penulisan disimpulkan bahwa pada Siklus I nilai rata-rata 2,81. Pada Siklus II mendapat nilai rata-rata 3,56. Terbukti dengan menerapkan metode bernyanyi dengan menggunakan media audiovisual pada Kelompok B4 TK Kartika II-20 dapat meningkatkan kecerdasan bahasa anak.