HUBUNGAN PEMEROLEHAN BAHASA PERTAMA DENGAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA 4-5 TAHUN (STUDI DESKRIPTIF KORELASIONAL DI PAUD HAQIQI KOTA BENGKULU)
Main Authors: | Novriza, Sari, Nasirun, Nasirun, Syam, Norman |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/8708/1/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-sar.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8708/2/I%2CII%2CIII%2CII-14-sar.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8708/ |
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah hubungan antara pemerolehan bahasa pertama dengan keterampilan berbicara anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang hubungan pemerolehan bahasa pertama dengan keterampilan berbicara anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini dilakukan di PAUD Haqiqi Jl. WR. Supratman No. 26 RT.03 RW. 01 Kelurahan Pematang Gubernur Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif korelasional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh anak didik di PAUD Haqiqi Kota Bengkulu tahun ajaran 2013/2014 yang berusia 4-5 tahun yaitu sebanyak 30 anak. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian tentang pemerolehan bahasa pertama dan keterampilan berbicara anak diolah menggunakan analisis statistik dengan rumus persentase dan product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan rata- rata pemerolehan bahasa pertama anak adalah 73% telah berkembang sesuai harapan, sedangkan rata-rata keterampilan berbicara anak 60% telah berkembang sesuai harapan. Hasil penelitian ini menunjukkan korelasi yang rendah antara pemerolehan bahasa pertama dengan keterampilan berbicara anak usia 4-5 tahun, oleh karena itu rekomendasi bagi peneliti berikutnya untuk meneliti faktor lain yang mempengaruhi keterampilan berbicara diluar pemerolehan bahasa pertama.