MENINGKATKAN KREATIVITAS MEMBENTUK MELALUI BERMAIN PLASTISIN PADA ANAK KELOMPOK B DI TK THAWALIB LUBUKLINGGAU
Main Authors: | Riswanti , Riswanti , Dharmayana, I Wayan , Bahar, Amrul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/8701/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-ris.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8701/2/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-ris.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8701/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan penelitian ini adalah apakah melalui bermain plastisin dapat meningkatkan kreativitas pada anak kelompok B di TK Thawalib Lubuklinggau. Adapun tujuan penelitian dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas melalui bermain plastisin pada anak kelompok B di TK Thawalib Lubuklinggau. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Thawalib berjumlah 20 anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Teknik analisis data menggunakan metode statistik sederhana berupa persentase. Setelah melakukan penelitian maka diperoleh data pada siklus I dilihat dari aspek kreativitas keseluruhan anak pada aspek kelancaran dengan nilai rata-rata 2,65, keluwesan 2,75, keaslian 2,55, dan kerincian 2,55 pada siklus II terjadi peningkatan aspek kelancaran nilai rata-rata menjadi 3,00, keluwesan menjadi 2,95, keaslia menjadi 3,00 dan kerincian menjadi 2,85. Kemudian pada siklus I siswa yang dikategorikan baik berjumlah 12 anak (60%), pada siklus II meningkat menjadi 17 anak (85%). Dari hasil penelitian tersebut direkomendasikan bagi guru untuk meningkatkan kreativitas membentuk dapat digunakan melalui bermain plastisin dengan langkah yang tepat