MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SIMBOL PADA ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN BOWLING HURUF DI KELOMPOK A PAUD KEMALA BHAYANGKARI 26 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Sari, Rini Yunita , Nasirun, Nasirun, Delrefi, Delrefi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/8699/1/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-rin.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8699/2/I%2CII%2CIII%2CII-14-rin.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8699/ |
Daftar Isi:
- Rumusan masalah penelitian tindakan kelas ini adalah apakah melalui permainan bowling huruf dapat meningkatkan keterampilan membaca simbol pada anak usia dini di kelompok A PAUD Kemala Bhayangkari 26 Kota Bengkulu. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca simbol melalui permainan bowling huruf. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah anak kelompok A di PAUD Kemala Bhayangkari 26 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2013/2014 yaitu sebanyak 15 orang anak, yang terdiri dari 4 orang anak laki-laki dan 11 orang anak perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Data hasil penelitian akan diolah menggunakan rumus rata-rata dan persentase ketuntasan belajar. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan 2 siklus dan setiap siklus dilakukan tiga kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui permaian bowling huruf dapat meningkatkan keterampilan membaca simbol pada anak. Terbukti dengan hasil pengamatan yang dilakukan telah mencapai indikator keberhasilan baik. Direkomendasikan kepada guru bahwa dalam menerapkan permainan bowling huruf sebaiknya permainan disesuaikan dengan tahapan perkembangan dan kebutuhan anak.