MENGOPTIMALKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA KELOMPOK B1 PENDIDIKAN ANAK USIA DINI KEMALA BHAYANGKARI 26 KOTA BENGKULU

Main Authors: Oktafiah, Lestari , Nasirun, Nasirun, Yulidesni, Yulidesni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/8672/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-les.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8672/2/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-les.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8672/
Daftar Isi:
  • Rumusan masalah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah apakah melalui metode eksperimen dapat mengoptimalkan kecerdasan naturalis anak pada kelompok B1 Pendidikan Anak Usia Dini Kemala Bhayangkari 26 Kota Bengkulu?. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengoptimalkan kecerdasan naturalis anak usia dini melalui metode ekperimen menanam. Subjek penelitian ini yaitu kelompok B1 berjumlah 22 orang anak yang terdiri dari 10 orang anak perempuan dan 12 orang anak laki-laki. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data secara deskriptif kuantitatif. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus dan setiap siklusnya dilakukan 3 kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan eksperimen sebagai metode yang digunakan dalam pembelajaran dapat mengoptimalkan kecerdasan naturalis anak usia dini. Terbukti dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan naturalis anak, baik pada aspek kepekaan anak terhadap tanaman maupun keahlian anak dalam membedakan jenis-jenis tanaman mencapai nilai ketuntasan sebesar 82,38% dengan kriteria sangat baik. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada guru bahwa dengan menggunakan metode eksperimen dapat mengoptimalkan kecerdasan naturalis anak.