MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERCERITA BERBANTUAN MEDIA FILM/VCD PADA KELOMPOK B1 TK GOW CURUP
Main Authors: | Hasanah, Latifatul , Dharmayana, I Wayan , Delrefi, Delrefi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/8671/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-lat.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8671/2/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-lat.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8671/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui metode bercerita dengan menggunakan media Film/VCD dapat meningkatkan kemandirian anak pada kelompok B1 TK GOW Curup Kabupaten Rejang Lebong. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B1 sebanyak 20 orang, laki-laki 10 orang dan perempuan 10 orang. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan , siklus I pertemuan 1 dan ke 2 pada tanggal 29 dan 30 April 2014, dan siklus II pertemuan 1 dan 2 dilaksanakan pada tanggal 7 dan 8 Mei 2014 . Teknik pengumpulan data dari hasil observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh informasi bahwa pada siklus I yang memperoleh nilai B pada aspek Anak berani mencoba atau melakukan sendiri 30% nilai C 47,5%, dan nilai K 22,5%.Pada aspek Anak dapat melaksanakan tugas sendiri sampai selesai yang memperoleh nilai B 25%, nilai C 337,5%,dan nilai K 37,5%. Pada aspek Anak dapat bertanggung jawab terhadap tugasnya. nilai B 22,5%, nilaiC 45% dan nilai K 32,5%. Hasil pembelajaran pada siklus II mengalami peningkatan yaitu pada aspek anak berani mencoba atau melakukan sendiri 82,5,5% nilai C 15%, dan nilai K 2,5%. Pada aspek Anak dapat melaksanakan tugas sendiri sampai selesai yang memperoleh nilai B 82,5%, nilai C 12,5%,dan nilai K 5%. Pada aspek Anak dapat bertanggung jawab terhadap tugasnya. nilai B 82,5%, nilaiC 15% dan nilai K 2,5%. Berdasarkan Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode bercerita dengan menggunakan media Film/VCD dapat meningkatkan kemandirian anak. Guru hendaknya menanamkan nilai-nilai kemandirian sejak dini pada anak dan memberikan motivasi dan arahan yang tepat agar anak dapat mengembangkan diri sesuai kecerdasan yang dimilikinya.