IMPLEMENTASI BERMAIN KONSTRUKTIF DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B2 TAMAN KANAK-KANAK SHANDY PUTRA TELKOM KOTA BENGKULU

Main Authors: Merdiana , Ferlin , Nasirun, Nasirun, Saparahayuningsih, Sri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/8665/1/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-fer.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8665/2/I%2CII%2CIII%2CII-14-fer.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8665/
Daftar Isi:
  • Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana penerapan bermain konstruktif dalam pembelajaran anak usia dini untuk mengembangkan visual-spasial, 2) Apakah bermain konstruktif dapat meningkatkan kecerdasan visual-spasial anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan visual-spasial dalam pembelajaran Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Shandy Putra Terlkom Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan selama 2 siklus dengan tiap siklus empat kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B2 yang berjumlah 15 orang anak, 7 orang anak laki-laki dan 8 orang anak perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Teknik pengumpulan data dikumpulkan dengan observasi dan dokumentasi. Selanjutnya hasil yang diperoleh dianalisis dengan persentase. Hasil analisis data menunjukkan bahwa melalui kegiatan bermain konstruktif dapat meningkatkan kecerdasan visual-spasial anak pada aspek menuangkan ide, memadukan warna, menunjukkan bagian-bagian berdasarkan warna dan bentuk, dan menunjukkan kreasi menjadi sebuah bangunan di TK Shandy Putra Telkom Kota Bengkulu. Pada penelitian selanjutnya disarankan bagi guru agar lebih kreatif dalam menuangkan ide, memadukan warna, menunjukkan bagian-bagian berdasarkan fungsinya, serta menunjukkan kreasi menjadi sebuah bangunan dalam menciptakan permainan konstruktif yaitu bermain geometri dan proyek dekorasi, terutama proyek dekorasi diharapkan agar dapat lebih menciptakan desain dekorasi yang lebih menarik anak sehingga kecerdasan visual-spasial anak dapat meningkat.