MENINGKATKAN KARAKTER KEJUJURAN ANAK MELALUI METODE MENDONGENG PADA ANAK USIA 4 – 5 TAHUN DI PAUD AISYIYAH LUBUKLINGGAU

Main Authors: Emilda, Emilda, Ningsih, Saparahayu , Bahar, Amrul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/8660/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-eli.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8660/2/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-eli.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8660/
Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah ”Apakah dengan pembelajaran menggunakan dongeng dapat meningkat karakter kejujuran pada anak Paud Aisyiyah Lubuklinggau?”. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pembelajaran dengan menggunakan dongeng dapat meningkat karakter kejujuran anak 4-5 tahun di Paud Aisyiyah Lubuklinggau yang berjumlah 20 orang yang terdiri 12 laki-laki dan 8 perempuan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus tiga kali pertemuan. Hasil pertemuan menunjukkan bahwa jumlah persentase keberhasilan untuk aspek kemampuan menyimak dongeng pada siklus I yaitu 35% meningkat menjadi 70% pada siklus II, untuk aspek berkata jujur siklus I 40% meningkat menjadi 75% pada siklus II, untuk aspek memahami karakter jujur siklus I 40% meningkat menjadi 75% pada siklus II. Dari hasil penelitian dapat direkomendasikan kepada guru bahwa untuk meningkatkan karakter kejujur anak usia 4-5 tahun di Paud Aisyiyah dapat dilakukan dengan metode mendongeng.