MENINGKATKAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKAANAK MELALUI BERNYANYI DI KELOMPOK B PAUD BUDI MULYAKECAMATAN KOTA MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Main Authors: Sari, Weni Puspita , Delrefi, Delrefi, Dharmayana, I Wayan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/8638/1/IV%2CV%2CLAMP%2CI-14-wen-FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8638/2/I%2CII%2CIII%2CI-14-wen-FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8638/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah kegiatan bernyanyi dapat meningkatkan kecerdasan logika matematika anak di kelompok B PAUD Budi Mulya Kecamatan Kota Manna Kabupaten Bengkulu Selatan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan PTK kolaboratif artinya peneliti atau guru bersama-sama melakukan pembelajaran guna memperbaiki mutu atau hasil belajar.Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik Kelompok B PAUD Budi Mulya Kecamatan Kota Manna Kabupaten Bengkulu Selatan yang berjumlah 15 orang yang terdiri dari 10 orang anak laki-laki dan 5 orang anak perempuan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan bernyanyi dapat meningkatkan kecerdasan logika matematika anak di kelompok B PAUD Budi Mulya Kecamatan Kota Manna Kabupaten Bengkulu Selatan.Kesimpulan ini didasarkan oleh hasil penelitian dari siklus pertama dan kedua yang mengalami peningkatan pada setiap indikator pengamatan anak dan lembar kerja anak. Melalui bernyanyi engan konsep bilangan anak akan mampu mengembangkan pemahaman tentang konsep bilangan, anak mampu meghafal semua bilangan dalam nyanyian, anak mampu mengurutkan bilangan dan anak mampu memahami bentuk dan simbol bilangan