PENERAPAN PENDEKATAN CTL DENGAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI KELAS XI IPA4 SMA NEGERI 5 KOTA BENGKULU

Main Authors: Sari, Weni Purnama , Swistoro, Eko, Setiawan, Iwan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/8613/1/I%2CII%2CIII%2CI-14-pur-FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8613/2/IV%2CV%2CLAMP%2CI-14-pur-FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8613/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan penerapan pendekatan CTL melalui model inkuiri terbimbing di kelas XI IPA4 SMA Negeri 5 Kota Bengkulu pada konsep keseimbangan benda tegar; (2) Meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan pendekatan CTL melalui model inkuiri terbimbing di kelas XI IPA4 SMA Negeri 5 Kota Bengkulu pada konsep keseimbangan benda tegar. Penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA4 SMA Negeri 5 Kota Bengkulu sebanyak 36 orang siswa. Hasil penelitian diperoleh dari analisis secara deskriptif dan mengacu pada keaktifan siswa dan ketuntasan belajar siswa. Skor rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 35,5, meningkat untuk siklus II 36, dan meningkat kembali pada siklus III 37,5 yang termasuk dalam kriteria baik. Hasil belajar pada aspek kognitif untuk siklus I diperoleh rata-rata 78,73 meningkat untuk siklus II menjadi 87 dan 89,6 untuk siklus III. Hasil belajar pada aspek afektif untuk siklus I diperoleh rata-rata 79,6 meningkat pada siklus II menjadi 84,4 dan 87,8 untuk siklus III. Hasil belajar pada aspek psikomotor untuk siklus I diperoleh rata-rata 78,3 meningkat untuk siklus II menjadi 84,1 dan 85,4 untuk siklus III. Ketuntasan belajar siklus I 72,2% meningkat untuk siklus II menjadi 91,7% dan 100% untuk siklus III. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan CTL dengan model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika.