PEMAHAMAN SISWA KELAS VII TERHADAP UJARAN GURU DALAM MEMBERI TUGAS DI SMPN 2 SINDANG KELINGI KABUPATEN REJANG LEBONG
Main Authors: | Febtiana, Atin , Wardhana, Dian Eka Chandra , Djunaidi, Bambang |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/8577/1/I%2CII%2CIII%2CI-14-ati-FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8577/2/IV%2CV%2CLAMP%2CI-14-ati-FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8577/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) bahasa guru dalam memberikan tugas di SMPN 2 Sindang Kelingi, 2) mengetahui pemahaman siswa kelas VII di SMPN 2 Sindang Kelingi. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) teknik rekaman, 2) teknik observasi, 3) kuesioner. Langkah-langkah analisis data dalam penelitian ini adalah : 1) transkripsi data, 2) identifikasi data, 3) pemberian kode 4) klasifikasi data, 5) interpretasi data, 6) perhitungan, 7) penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis data, diketahui bahwa bahasa guru dalam memberikan tugas menggunakan intonasi suruhan, menggunakan kata kerja, dan menggunakan penanda kesantunan ayo dan coba. Ada beberapa faktor eksternal yang mempengaruhi pemahaman siswa, salah satunya adalah faktor situasi. Persentase pemahaman siswa adalah 14,23% siswa sangat tidak paham, 17,3% siswa tidak paham, 18,4% siswa cukup paham, 15,6% siswa paham, dan 33,6% siswa sangat paham. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa bahwa ujaran guru pada saat memberikan tugas kepada siswa menggunakan kata kerja dan penanda kesantunan ayo dan coba, tingkat keterpahaman siswa adalah 67,79% yang menunjukkan siswa memiliki pemahaman yang cukup baik terhadap ujaran guru.