PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) DI KELAS VIII SMPN 16 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Dhora, Tri , Yulistio, Didi, Susetyo, Susetyo |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/8574/1/IV%2CV%2CLAMP%2C2-13-tri.FI.pdf http://repository.unib.ac.id/8574/2/I%2CII%2CIII%2C2-13-tri.FI.pdf http://repository.unib.ac.id/8574/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa dengan Menggunakan Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) di Kelas VIII Smpn 16 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dua siklus . Setiap siklus terdiri dari empat langkah yaitu, (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa membaca pemahaman dengan menggunakan SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Kota Bengkulu mampu meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil pembelajaran pada siklus 1 bahwa nilai rata-rata sebesar 64,2 dengan kategori cukup dan meningkat pada siklus 2 dengan nilai rata-rata sebesar 75,2 dengan kategori baik.