PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA DENGAN TEKNIK PEMODELAN DI KELAS VIIID SMP NEGERI 19 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Tarmizi, Tarmizi, Trianto, Agus, Azwandi, Azwandi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/8570/1/I%2CII%2CIII%2C2-13-tar.FI.pdf http://repository.unib.ac.id/8570/2/IV%2CV%2CLAMP%2C2-13-tar.FI.pdf http://repository.unib.ac.id/8570/ |
Daftar Isi:
- Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis puisi siswa dengan teknik pemodelan di kelas VIII D SMP Negeri 19 Kota Bengkulu. Penelitian juga melibatkan guru sebagai teman sejawat dalam kegiatan mulai dari: a) perencanaan, b) pelaksanaan tindakan, c) observasi, dan d) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan Juli – September 2012, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 19 Kota Bengkulu. Penelitian terdiri dua siklus dan dilaksanakan sebanyak enam kali pertemuan. Data penelitian diambil dari kegiatan awal berupa nilai rata-rata ulangan harian, nilai tes siklus pertama dan kedua pembelajaran menulis puisi dengan teknik pemodelan. Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan cara menentukan rata-rata dan persentase untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis puisi siswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII D SMP Negeri Bengkulu setelah dilakukan dua kali tindakan sebagai berikut: hasil rata-rata pada tindakan pertama model teknik setara adalah 27,57 atau 68,28%. Kemudian, hasil tindakan kedua dengan pemodelan teknik para ahli adalah 31,84 atau 78,86%. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa teknik pemodelan dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa dan dapat menjadi alternatif pilihan bagi guru dalam pembelajaran menulis puisi.